Misfanny, Recka Chintya (2020) Analisis Hasil Eksperimen Kreatif Desain Motif Hias Geometris pada Papan Berpaku (Geoboard) oleh Siswa Kelas VII MTs Nurul Ilmi Kabupaten Langkat. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2141151026 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 2141151026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
3. NIM. 2141151026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 2141151026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
5. NIM. 2141151026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
6. NIM. 2141151026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM. 2141151026 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 2141151026 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
9. NIM. 2141151026 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
10. NIM. 2141151026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
14. NIM. 2141151026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
15. NIM. 2141151026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
Abstract
Pendidikan sangat memegang peranan penting dalam tatanan kehidupan manusia. Setiap individu dituntut untuk mampu berkarya dan menciptakan karya yang dapat diperoleh melalui pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan melalui jenjang pendidikan. Dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran Seni Budaya menekankan pada kreativitas, di mana pembelajaran berbasis intelegensia tidak akan memberikan hasil signifikan dibandingkan yang berbasis kreativitas. Realitas penyelenggaran pendidikan di negeri ini belum menunjukkan upaya pengembangan kreativitas peserta didik. Fenomena tersebut berdampak pada penyelenggaraan pembelajaran, terutama Seni Budaya di SMP atau MTs, sehingga anak tidak memperoleh pengalaman kreatif yang bermakna. Penelitian ini mengkaji eksperimen kreatif dalam membuat desain motif hias geometris menggunakan papan berpaku (geoboard). Penelitian ini menggunakan motede deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VII MTs Nurul Ilmi Kabupaten Langkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengetahuan teori mengenai motif hias geometris siswa mendapat nilai yang baik yakni rata-rata nilai 88. Sementara itu pada nilai praktek atau penerapan hasil eksperimen kreatif desain motif hias geometris mendapat nilai yang cukup baik dengan rata-rata 79,69. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa lebih memahami pengertahuan secara teori dibandingkan praktek. Manfaat penelitian bagi guru dapat dijadikan refleksi dan sekaligus masukan dalam perencanaan dan pelaksaan pembelajaran dan bagi peserta didik dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media belajar kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Eksperimen; Desain; Motif; Geoboard |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts N Fine Arts > NK Decorative arts |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 04:48 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40854 |