Mawaddah, Rahmi (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa MTs Negeri 2 Asahan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172042 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 8176172042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8176172042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4. NIM. 8176172042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. NIM. 8176172042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 8176172042 TABLES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. NIM. 8176172042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM. 8176172042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (947kB) | Preview
12. NIM. 8176172042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 8176172042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX MTs Negeri 2 Asahan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; 2) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa kelas IX MTs Negeri 2 Asahan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; 3) Pengembangan Perangkat pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan penalaran matematis siswa MTs Negeri 2 Asahan; 4) Pengembangan Perangkat pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan Literasi matematis siswa MTs Negeri 2 Asahan; 5) Perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa di MTs Negeri 2 Asahan dan 6) Perbedaan kemampuan literasi matematik siswa antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa di MTs Negeri 2 Asahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika yang dikembangkan di kelas IX-D dan IX-E MTs Negeri 2 Asahan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Pada uji coba I dan II terjadi peningkatan nilai rata –rata kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 14,64; 2) Pada uji coba I dan II terjadi peningkatan nilai rata –rata kemampuan literasi matematis siswa sebesar 7,29; 3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis sudah efektif untuk digunakan; 4) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis sudah efektif untuk digunakan; 5) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran biasa dan 6) kemampuan literasi matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari pada kemampuan literasi matematis siswa yang diberi pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.072 Maw p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran; model ADDIE; Pendekatan Matematika Realistik; penalaran matematis; literasi matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 08:14 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40794 |