SIREGAR, ANGGI CHAIRUNNISA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI INFORMASI CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060856 KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182003 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8166182003 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 8166182003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8166182003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 8166182003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 8166182003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8166182003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8166182003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8166182003 BAB I.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
13. NIM. 8166182003 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 8166182003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis bagaimana tingkat keefektifan media pembelajaran interaktif berbantuan Macromedia Flash pada pembelajaran teks cerita yang akan dikembangkan di SD Negeri 060856 Kecamatan Medan Perjuangan. (2) Menganalisis bagaimana tingkat media pembelajaran interaktif berbantuan Macromedia Flash pada pembelajaran teks cerita yang akan dikembangkan di SD Negeri 060856 Kecamatan Medan Perjuangan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg & Gall. Berdasarkan hasil analisis produk Media pembelajaran berbantuan Macromedia Flash dari para ahli dinyatakan sangat efektif dan layak digunakan dengan kertiteris dari validitas ahli materi 85,42%, ahli desain 91,00%, dan ahli bahasa 85,00 %. Berdasarkan data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan Macromedia Flash diperoleh rata-rata nilai mencapai 62 sedangkan setelah menggunakan ketuntasan sekala besar rata-rata mencapai 90 dengan gain score 0,74 masuk kedalam kategori tinggi. Dan angket respon siswa tentang keefektifan media pembelajaran interaktif berbantuan Macromedia Flash mencapai 90% dari 30 siswa. Berdasarkan data ini media pembelajaran interaktif berbantuan Macromedia Flash dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan asumsi bahwa pemahaman siswa tentang teks cerita lebih tinggi saat menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan Macromedia Flash.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sir p |
Keywords: | Macromedia Flash; teks cerita; kemampuan berfikir siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 03:53 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40781 |