Hasibuan, Ragusta (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN BANTUAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106172015 Judul.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. 8106172015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
3. 8106172015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. 8106172015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. 8106172015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. 8106172015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. 8106172015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. 8106172015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. 8106172015 Bab I.pdf - Published Version
Download (992kB) | Preview
10. 8106172015 Bab V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
11. 8106172015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi dan kreativitas matematika siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik dengan bantuan media software Autograph lebih baik dari siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran biasa. (2) Mengetahui apakah ada interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan kreativitas matematika siswa. (3) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada pendekatan matematika realistik. Penelitian ini berbentuk kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Laksamana Martadinata dengan sampel adalah siswa kelas XI akuntansi 2 dan siswa kelas XI akuntansi 1 berjumlah 82 siswa. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan komunikasi matematika dan kemampuan kreativitas matematika. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi isi, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,79 dan 0,63 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi dan kemampuan kreativitas matematika. Analisis data yang digunakan adalah UJI t dan ANOVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis UJI t diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik dengan pembelajaran biasa(2) Peningkatan kemampuan kreativitas matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik dengan pembelajaran biasa dan berdasarkan hasil (ANOVA dua jalur) diperoleh hasil penelitian yaitu : (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan kreativitas matematika. Dengan demikian yang menjadi saran selanjutnya adalah pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan matematika realistik membutuhkan kesiapan bahan ajar dan pemilihan soal – soal kontekstual yang menarik bagi siswa untuk diselesaikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Has p |
Keywords: | Komunikasi matematika; Kreativitas matematika; Matematika realistik; Software autograph; Program linear |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4078 |