SAGALA, YENNI DWI APRILITA (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN CRITICAL THINKING, CREATIVE THINKING, COLLABORATION, & COMMUNICATION (4C) FISIKA SISWA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8176176025 COVER.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
2. NIM. 8176176025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM.8176176025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM.8176176025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM.8176176025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM.8176176025 TABLES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7. NIM.8176176025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM.8176176025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM.8176176025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
13. NIM.8176176025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM.8176176025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C) siswa akibat pengaruh penerapan model project based learning (PjBL) dan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan masing-masing keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C). Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas XI MIA SMA Negeri 12 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C) siswa akibat pengaruh penerapan model project based learning (PjBL) dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas XI MIA Semester I SMA Negeri 12 Medan T.P. 2019/2020. Peningkatan pada keterampilan critical thinking siswa adalah 71% (tinggi), dan peningkatan indikator tertinggi dan terendah adalah mengatur strategi dan taktik 86% (tinggi) dan membuat inferensi 61% (sedang). Peningkatan keterampilan creative thinking siswa sebesar 72% (tinggi), dan peningkatan indikator tertinggi dan terendah adalah flexibility 93% (tinggi) dan elaboration 65% (sedang). Peningkatan keterampilan collaboration siswa sebesar 61% (sedang), dan peningkatan indikator tertinggi dan terendah adalah adalah menghormati orang lain 76% (tinggi) dan mengatur pekerjaan 47% (sedang). Peningkatan terakhir adalah keterampilan communication siswa yaitu 51% (sedang), dan peningkatan indikator tertinggi dan terendah adalah menulis secara saintifik 73% (tinggi) dan membaca secara saintifik 25% (rendah).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Sag p |
Keywords: | model project based learning; keterampilan critical thinking; creative thinking; collaboration; communication; fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 16:48 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40741 |