Gultom, Vince Yossy M (2020) Efektivitas Strategi Pembelajaran Genius Learning (Pembelajaran Berpikir) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Katolik Tri Sakti 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2153311042 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. NIM 2153311042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM 2153311042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM 2153311042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM 2153311042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM 2153311042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 2153311042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 2153311042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 2153311042 BAB I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM 2153311042 BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM 2153311042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajara Genius Learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Katolik Tri Sakti 2 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 91 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak/random, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas VIII-b dan VIII-c sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan two group post test design. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Uji normalitas untuk nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol juga berasal dari populasi yang berdistribusi normal karena L hitung < L tabel pada taraf nyata = 0,05. Setelah dikonsultasikan,ternyata t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,62>2,04. Dengan demikian, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran Genius Learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Genius Learning; Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 26 Nov 2020 02:40 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40707 |