Munthe, Bernandus (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK BAGI SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176122004 COVER.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
2. NIM 8176122004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (824kB) | Preview
3. NIM 8176122004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
4. NIM 8176122004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM 8176122004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
6. NIM 8176122004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
7. NIM 8176122004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 8176122004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 8176122004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
13. NIM 8176122004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
14. NIM 8176122004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan Media E-Modul (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan Media E-Modul, pada pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan produk M. Alessi dan Stanley R. Trollip. Uji kelayakan dilakukan melalui validasi para ahli (ahli materi pelajaran Agama Katolik, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran), serta uji beta yang langsung di berikan kepada siswa sebagai pengguna dari produk. Sedangkan uji efektivitas dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sidikalang. Metode yang digunakan untuk uji efektivitas adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian uji efektivitas dari 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media E-Modul, dan 20 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan buku test. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran Pendidikan Agama Katolik siswa yang diajar dengan menggunakan media E-Modul, dengan hasil belajar Pendidikan Agama Katolik yang diajar dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan data yaitu thitung = 5,40 sedangkan ttabel = 1,72, pada tingkat signifikan 0,05 melalui interpolasi ttabel 1,72. Disimpulkan bahwa efektivitas Pendidikan Agama Katolik dengan menggunakan Media E-Modul, lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan buku teks.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Mun p |
Keywords: | E-Modul; buku teks; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 09:36 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40694 |