LUBIS, NURUL HUSNA (2020) PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK MATEMATIK SISWA DALAM PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN METAKOGNISI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171057 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM. 8156171057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3. NIM. 8156171057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 8156171057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 8156171057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6. NIM. 8156171057 TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 8156171057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 8156171057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
12. NIM. 8156171057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 8156171057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Akar masalah dalam penelitian ini adalah asesmen yang digunakan tidak memberikan pengalaman nyata bagi siswa, tidak membuat siswa mampu menyajikan suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda, tidak membuat siswa mampu dalam mengatur dan mengontrol proses kognitifnya karena asesmen tidak merujuk pada situasi dunia nyata sehingga kemampuan berpikir kreatif dan metakognisi siswa berada pada kategori rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini dikembangkan suatu asesmen otentik matematik siswa dalam penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan metakognisi yang valid, praktis dan efektif. Kevalidan suatu asesmen otentik apabila dapat mengukur apa yang hendak diukur. Kemudian kepraktisan suatu asesmen otentik merupakan kemampuan guru mengolah pembelajaran dalam menerapkan langkah-langkah pendekatan model eliciting activities. Sedangkan keefektifan suatu asesmen otentik untuk melihat ketuntasan kemampuan berpikir kreatif dan metakognisi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) asesmen otentik matematik siswa yang dikembangkan dalam penerapan Model Eliciting Activities telah memenuhi kriteria valid; 2) asesmen otentik matematik siswa yang dikembangkan dalam penerapan Model Eliciting Activities telah memenuhi kriteria praktis; 3) asesmen otentik matematik siswa yang dikembangkan dalam penerapan Model Eliciting Activities telah memenuhi kriteria efektif; 4) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan asesmen otentik matematik yang dikembangkan dalam penerapan Model Eliciting Activities pada uji coba I dan uji coba II sebesar 0,095; 5) terdapat peningkatan kemampuan metakognisi siswa dengan menggunakan asesmen otentik matematik yang dikembangkan dalam penerapan Model Eliciting Activities pada uji coba I dan uji coba II sebesar 0,245.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.072 Lub p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif; Kemampuan Metakognisi; Model 4-D; Pengembangan Asesmen Otentik Dalam Penerapan Model Eliciting Activities |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 09:33 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40684 |