EMARISA (2020) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161141007 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 7161141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 7161141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 7161141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 7161141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
6. NIM. 7161141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7. NIM. 7161141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 7161141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
12. NIM. 7161141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM. 7161141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya kompetensi guru dan minat belajar siswa sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar ekonomi siswa” kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi guru dan minat belajar terhadaap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 7 Medan dengan populasi sebanyak 90 orang siswa dan sampel berjumlah 90 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket kompetensi guru dan minat belajar
pada mata pelajaran ekonomi dalam bentuk skala likert sebanyak masing masing 25 item pertanyaan. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa kompetensi guru dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi. Hal ini dilihat dari hasil analisis linear berganda diperoleh persamaan Y = 42,118 + 0,121X1 + 0,335 X2 + e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 2,180 > 1,987 dengan nilai
signifikan 0,032 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi dimana nilai thitung > ttabel dimana 6,207 > 1,987 dengan nilai
signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji f) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana 49,313 > 3,100 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Sehingga dapat
dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi guru dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan T.A
2019/2020, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 03:45 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40682 |