Ramadhani, Asri Maulida (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN TEKS FIKSI DI KELAS IV SDN 101903 BAKARANBATU KECAMATAN LUBUKPAKAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166182007 COVER.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
2. NIM 8166182007 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
3. NIM 8166182007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM 8166182007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
5. NIM 8166182007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 8166182007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM 8166182007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 8166182007 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM 8166182007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
10. NIM 8166182007 BAB I.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
14. NIM 8166182007 BAB V.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
15. NIM 8166182007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
Abstract
Penggunaan media pembelajaran dapat membuat pembelajaran semakin menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik sebagai media pembelajaran yang layak dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Borg dan Gall. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101903 Bakaranbatu, Kecamatan Lubukpakam. Produk dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah media pembelajaran berupa komik yang dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar validasi kelayakan media oleh validator; (2) lembar observasi; (3) angket respon Wali Kelas terhadap media pembelajaran; (4) angket respons siswa terhadap media pembelajaran; (5) tes untuk menguji keefektifan media komik. Hasil dari proses pengembangan media komik ini adalah (1) media komik dinyatakan layak untuk digunakan pada pembelajaran teks fiksi dengan kategori sangat baik dari hasil penilaian validator media, validator bahasa, validator materi, penilaian dari Wali Kelas serta siswa. (2) media komik dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks fiksi dibuktikan dengan rata-rata nilai kelas siswa yang menggunakan media komik pada saat pretes adalah 35,17 kemudian hasil rata-rata postes berubah menjadi 85,8.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Ram p |
Keywords: | penelitian pengembangan, media pembelajaran, komik, teks fiksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 17:09 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40678 |