Nadia (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Card SortTerhadap Kemampuan Menelaah Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs Swasta Al-Abror Muarasoma Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2152111015 COVER.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
2. NIM 2152111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (755kB) | Preview
3. NIM 2152111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 2152111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
5. NIM 2152111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
6. NIM 2152111015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
7. NIM 2152111015 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
8. NIM 2152111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
12. NIM 2152111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
13. NIM 2152111015 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran card
sort terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII MTs
Swasta Al-Abror Muarasoma tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini
berjumlah 207 siswa. Dari jumlah populasi ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pretest
post test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji“t”. Dari perolehan
data menunjukkan kemampuan siswa dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita
sebelum menggunakan metode pembelajaran card sort termasuk dalam kategori cukup
dengan rata-rata(mean) yang diperoleh siswa adaah 60,83, sedangkan kemampuan menelaah
struktur dan kebahasaan teks berita sesudah menggunakan metode pembelajaran card sort
termasuk kategori baik dengan niai rata-rata(mean)81,66.Selanjutnya uji hipotesis
menunjukkan thitung 14,56>ttabel2,04,pada taraf signifikanα=0,05.Dengan demikian Ho
ditolak dan Ha diterima,hal ini berarti ada pengaruh metode pembelajaran card sort terhadap
kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII MTs Swasta Al-
Abror Muarasoma tahun pembelajaran 2019/2020.Hal ini menunjukkan bahwa hasil
pembelajara nmenelaah struktur dan kebahasaan teks berita sesudah menggunakan metode
pembelajaran card sort lebih baik dari pada hasil pembelajaran sebelum menggunakan metode
pembelajaran card sort, berpengaruh positif terhadap kemampuan menelaah struktur dan
kebahasaan teks berita
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode pembelajaran card sort;struktur;kebahasaan teks berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 08:49 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40670 |