Silaban, Mariem (2020) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2153311025 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM.2153311025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
3. NIM.2153311025 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM.2153311025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM.2153311025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
6. NIM.2153311025 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM.2153311025 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM.2153311025 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM.2153311025 BAB I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
13. NIM.2153311025 BAB V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
14 .NIM.2153311025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
Resource Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada
siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model two-group posttest
design untuk mengetahui efektivitas dari hasil belajar dan prestasi siswa.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan
yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 130 orang. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random
sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa
adalah penugasan menulis teks negosiasi. Berdasarkan hasil analisis data
diketahui bahwa Model Resource Based Learning lebih efektif digunakan dalam
menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan. hal ini
terlihat dari nilai rata-rata di kelas kontrol 64,31 dalam kategori cukup dan
standar deviasi 14,23, sedangkan rata-rata nilai di kelas eksperimen adalah 77,40
dalam kategori baik dan standar deviasi 6,33. Dalam hal ini diperoleh to = 2,88,
selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% =2,00, sehingga
t0 > ttabel yakni 2,88 > 2,00. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak hipotesis alternatif
(Ha) diterima. Hal ini membktikan bahwa Pembelajaran dengan model Resource
Based Learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks
negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Resource Based Learning; menulis; teks negosiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 06:00 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40669 |