Efektivitas Media Pembelajaran Ulead Video Studio dalam Mengidentifikasi Informasi Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar

Sembiring, Emi Fitry Yani (2020) Efektivitas Media Pembelajaran Ulead Video Studio dalam Mengidentifikasi Informasi Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2153311011 SAMPUL.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2153311011 SAMPUL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2153311011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2153311011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2153311011 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2153311011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2153311011 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2153311011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2153311011 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2153311011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2153311011 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2153311011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2153311011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2153311011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2153311011 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2153311011 BAB I.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2153311011 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2153311011 BAB V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2153311011 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2153311011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivan media pembelajaran Ulead
Video Studio dalam mengidentifikasi informasti teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII
SMP Negeri 10 Pematang Siantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 210 siswa. Sampel penelitian ini
adalah kelas VIII-7 yang berjumlah 25 siswa dan kelas VIII-4 yang berjumlah 25
siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian
yang digunakan ialan two group posttest design. Berdasarkan pengolahan data
diperoleh hasil posttest kelas kontrol dengan rata-rata = 74,6 dan standar deviasi =
7,95. Sedangkan hasil posttest kelas eksperimen dengan rata-rata = 91,2 dan standar
deviasi = 11,7. Dari uji data posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen
diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data posttest kelas kontrol
diperoleh Lhitung < Ltabel (0.0043< 0.173) dan data posttest kelas eksperimen diperoleh
Lhitung < Ltabel (0,1092< 0,173). Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa
sampel penelitian ini berasal dari kelompok homogen yaitu < 1,47 <
1,96. setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh = 6.62.
Selanjutnya dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf 5% dengan df= 24, maka
diperoleh sebesar 2.06. Oleh karena itu yang diperoleh lebih besar dari yaitu
6.62>2.06, maka diterima. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran Ulead
Video Studio efektif digunakan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks
eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Ulead Video Studio; Mengidentifikasi Informasi; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:09
Last Modified: 13 Nov 2020 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40668

Actions (login required)

View Item
View Item