Iswandi, M. Januar (2020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Manduamas Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2153111024 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 2153111024 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM 2153111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 2153111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. NIM 2153111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM 2153111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 2153111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 2153111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 2153111024 BAB 1.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. NIM 2153111024 BAB 5.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 2153111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan
Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Manduamas Tahun
Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa
kelas VIII SMPN 1 Manduamas tahun pembelajaran 2019/2020 sebanyak 150 siswa
dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh kelas
VIII4 yang berisi 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Instrumen
yang digunakan adalah tes tertulis. Berdasarkan pengolahan data pre-test diperoleh
nilai rata-rata 50, standar deviasi 5.85, dan standar error 1.03 sedangkan pada data
post-test memiliki rata-rata 74.24, standar deviasi 6.31, dan standar error 1.138.
Maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam keterampilan menulis
teks eksplanasi setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
berbantuan media gambar lebih tinggi dari pada sebelum menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah berbantuan media gambar. Sebelum dilakukan
pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas
sebagai uji persyaratan analisis. Dikonsultasikan to dengan tabel t taraf signifikan 5%
dengan df=N-1=33-1=32 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan
perhitungan tersebut maka dapat diketahui to > ttabel, yaitu 15,93 > 2.03. berdasarkan
hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa
data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis
menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media
Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 1
Manduamas Tahun Pembelajaran 2019/2020 berpengaruh positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Media Gambar; Menulis; Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 07:39 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40661 |