SIMANULLANG, RIVA RIVELYANTI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T. P. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7143342032 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 7143342032 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
3. NIM. 7143342032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
4. NIM. 7143342032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
5. NIM. 7143342032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. NIM. 7143342032 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 7143342032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 7143342032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 7143342032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (761kB) | Preview
13. NIM. 7143342032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 7143342032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa jika diterapkan Model Pembelajaran Guided Teaching di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data mengggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Dari data hasil pengamatan aktivitas yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 12 siswa dari 34 siswa yang mendapat nilai ≥ 23 atau sebesar (35,30%), dan 22 siswa mendapat nilai ≤ 23 atau sebesar (64,70%) dengan nilai rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 19,94. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 23 sebanyak 30 siswa (88,23%), dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 23 sebanyak 4 siswa (14,70%) dengan nilai rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 25,85. Sedangkan dari data hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 18 siswa dari 34 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau sebesar (52,94%), dan 16 siswa mendapat nilai ≤ 75 atau sebesar (47,05%), dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 71,91. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 30 siswa (88,23%), dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 75 sebesar 4 siswa (11,76%) dengan nilai rata – rata 82,20. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Guided Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan pada Standar Kompetensi Persamaan Dasar Akuntansi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Siswa Kelas XII, Model Pemebelajaran Guided Teaching, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 02:34 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40651 |