Darwis, Umar (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MEDIA IT DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD 064987 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809825022 Judul.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2. 809825022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. 809825022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. 809825022 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. 809825022 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. 809825022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. 809825022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. 809825022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. 809825022 Bab I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
10. 809825022 Bab V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
11. 809825022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diberi pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan media IT dan pembelajaran Kooperatif Jigsaw tanpa menggunakan media, perbedaan hasil belajar IPS akibat perbedaan kemampuan interaksi sosial siswa, serta ada tidaknya interaksi antara pemberian pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan interaksi sosial terhadap hasil belajar IPS. Interaksi sosial siswa dibedakan atas interaksi sosial bertipe kooperatif dan kompetitif. Rancangan penelitian menggunakan Anava Faktorial 2x2, sedangkan pengukuran kemampuan interaksi sosial siswa dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media IT lebih tinggi daripada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw tanpa menggunakan media, (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan interaksi sosial kooperatif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan interaksi sosial kompetitif, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif jigsaw dan interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar IPS siswa, (4) hasil ekspreimen menunjukkan secara umum bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media IT lebih baik dibangdingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw tanpa menggunakan media untuk mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Dar p |
Keywords: | Media pembelajaran; Interaksi sosial kompetitif; Interaksi sosial kooperatif; Pembelajaran kooperatif jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4063 |