SARI, NOVA (2020) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153344027 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 7153344027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
3. NIM. 7153344027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 7153344027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM. 7153344027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 7153344027 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 7153344027 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7153344027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7153344027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM 7153344027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM 7153344027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan pemanfaatan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan pemanfaatan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 dengan jumlah populasi 105 orang yang terdiri dari 3 kelas dan sampel 51 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel kompetensi pedagogik diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (3,148 > 1,675) pada taraf signifikansi 5%, hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X1 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). 2) secara parsial untuk variabel penggunaan media pembelajaran diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2,501 > 1,675) dengan signifikan 0,016 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X2 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y). 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (16.191> 3,190) dengan signifikan 0,00 < 0,05 hai ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran (X1) dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar (X2) dengan Prestasi Belajar (Y).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020, dengan diperolehnya nilai R2 sebesar 40% yang berarti bahwa variabel bebas yaitu kreativitas guru dalam proses pembelajaran (X1) dan pemanfaatan fasilitas belajar (X2) secara bersama-sama berhubungan dengan prestasi belajar sebesar 40% sedangkan sisanya 60% dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar kelas XI OTKP di SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran, Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 12:28 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 12:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40618 |