HARAHAP, SITI KHOLIDA (2020) PENGARUH KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7152144012 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM 7152144012 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
3. NIM 7152144012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4. NIM 7152144012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
5. NIM 7152144012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
6. NIM 7152144012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 7152144012 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 7152144012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
12. NIM 7152144012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM 7152144012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara Kemampuan Psikomotorik dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Swasta PAB 12 Saentis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 12 Saentis yang beralamat di Jalan Kali Serayu, Sampali Percut Sei Tuan, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 46 orang dan melalui teknik total sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan angket. Untuk uji instrumen penelitian, peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sebelum dianalisis, data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis regresi berganda, untuk uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y = 416,537 + 0,332X1 + 0,533X2. Hasil uji t untuk Kemampuan Psikomotorik menunjukkan bahwa thitung> ttabel (3,078> 1.681) dengan taraf signifikansi alpha 0,05 (95%). Dengan demikian maka hipotesis pertama diterima, yaitu bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Kemampua Psikomotorik (X1) terhadap Indeks Prestasi (Y). Untuk variabel Kreativitas Siswa, diperoleh thitung> ttabel (5,579 > 1,681) dengan taraf signifikansi alpha 0,05 (95%). Dengan demikian hipotesis kedua diterima, yaitu bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Kreativitas Siswa (X2) terhadap Indeks Prestasi (Y).
Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung> Ftabel (84,356>3,21) dengan nilai sig.α sebesar 0,000 < 0,05. Maka hipotesis ketiga diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara dari Kemampuan Psikomotorik (X1) dan Kreativitas Siswa (X2) terhadap Indeks Prestasi (Y). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,797 atau 79,7%. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 79,7%. Sedangkan sisanya 21,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar analisa penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Psikomotorik, Kreativitas, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Nov 2020 01:34 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 01:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40617 |