PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2019/2020

YULININGSIH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7161144043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7161144043 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7161144043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7161144043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (757kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7161144043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7161144043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7161144043 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7161144043 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7161144043 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7161144043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7161144043 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7161144043 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7161144043 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7161144043 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7161144043 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7161144043 APENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7161144043 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7161144043 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7161144043 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7161144043 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7161144043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7161144043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia T.A 2019/2020 yang berjumlah 138 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas XI OTKP-2 untuk kelas eksperimen I dan kelas XI OTKP-3 untuk kelas eksperimen II masing-masing berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tesebut berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda 25 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel yang sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test sebesar 42,5dan nilai rata-rata post test adalah 85,33 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen II adalah 37,22 dan nilai rata-rata post test adalah 83,61. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 50,19% dan pada kelas eksperimen II sebesar 39,09%. Hasil uji t diperoleh thitung 1,902 dan ttabel 1,668 maka thitung>ttabel yaitu 1,902>1,668 hal ini berarti hipotesis diterima. Maka dapat dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Auditory Intellectually, Repetition (AIR) dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Auditory Intellectually, Repetition (AIR), Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belajar Administrasi Kepegawaian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:04
Last Modified: 16 Nov 2020 01:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40611

Actions (login required)

View Item
View Item