Ramadhan, Mhd. Azka (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DI SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143111033 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4143111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 4143111033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM. 4143111033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM. 4143111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 4143111033 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 4143111033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM. 4143111033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
13. NIM. 4143111033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 4143111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap kemampuan spasial dan disposisi matematis siswa di kelas VIII SMP Daya Cipta Medan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Daya Cipta Medan dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 sebanyak 50 siswa. Kelas VIII-1 melakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia flash dan kelas VIII-2 diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda sebanyak 10 soal dan angket sebanyak 25 butir dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlabih dahulu data hatus diuji normalitas dan homogeniotasnya. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians homogenya. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post-test 78,8 dan nilai rata-rata angket 87,72. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post-test 59,2 dan nilai rata-rata angket 82,36. Dari analisis data post-test kemampuan spasial dengan menggunakan uji ANAVA satu arah dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh bahwa harga Fhitung = 30,13 dan harga Ftabel = 4,04 berarti Fhitung>Ftabel = 30,13> 4,03 dengan α = 0,05 (data lengkap terdapat pada lampiran 19) maka cukup bukti untuk menolak H_0dengan perkataan lain〖 H〗_1 diterima. Dan dari analisis data angket disposisi matematis dengan menggunakan uji ANAVA satu arah dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh bahwa harga Fhitung = 58,472 dan harga Ftabel = 4,04 berarti Fhitung>Ftabel = 58,472> 4,04 dengan α = 0,05 (data lengkap terdapat pada lampiran 24) maka cukup bukti untuk menolak H_0 dengan perkataan lain H_1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat. pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap kemampuan spasial dan disposisi matematis siswa di kelas VIII SMP Daya Cipta Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 02:17 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40523 |