Zelfriyan (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI GURU TERHADAP PEKERJAAN, SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132047 Judul.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. 8106132047 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. 8106132047 Abstrak.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. 8106132047 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. 8106132047 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. 8106132047 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. 8106132047 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8. 8106132047 Bab I.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
9. 8106132047 Bab V.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
10. 8106132047 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan persepsi guru terhadap pekerjaan dengan kepuasan kerja; (2) hubungan supervisi kepala sekolah dengan kepuasan kerja; (3) hubungan motivasi kerja dengan kepuasan kerja; dan (4) hubungan persepsi guru terhadap pekerjaan, supervisi kepala sekolah, dan motivasi kerja dengan kepuasan kerja.Subjek penelitian adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah sampel sebanyak 168 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian digunakan cara random sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen angket kepuasan kerja yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,744. Instrumen angket persepsi guru terhadap pekerjaan yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,953. Instrumen angket supervisi kepala sekolah yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,885. Instrumen angket motivasi kerja yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,859.Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara persepsi guru terhadap pekerjaan dengan kepuasan kerja sebesar ry1,23 = 0,388 > r tabel = 0,148; (2) terdapat hubungan yang berarti antara supervisi kepala sekolah dengan kepuasan kerja sebesar ry2,13 = 0,188 > r tabel = 0,148; (3) terdapat hubungan yang berarti antara motivasi kerja dengan kepuasan kerja sebesar ry3,12 = 0,282 > r tabel = 0,148; dan (4) terdapat hubungan yang berarti antara persepsi guru terhadap pekerjaan, supervisi kepala sekolah, dan motivasi kerja dengan kepuasan kerja sebesar Ry(123) = 0,499 > r tabel = 0,148.Hasil penelitian diperoleh persepsi guru terhadap pekerjaan, supervisi kepala sekolah, dan motivasi kerja secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 24,9% terhadap kepuasan kerja, dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Zel h |
Keywords: | Motivasi kerja; Kepuasan kerja; Kepala sekolah; Guru; Supervisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 May 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4052 |