KARTIKA, DESSY LASMIATI SURYA (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7163142009 COVER.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
2. NIM 7163142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
3. NIM 7163142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
4. NIM 7163142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM 7163142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
6. NIM 7163142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM 7163142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7163142009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM 7163142009 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
13. NIM 7163142009 CHAPTER5.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 7163142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar Akuntansi Dasar kelas X Akuntansi SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi Smk Swasta Nur Azizi. Penelitian ini dilaksanakan di Jln. Pahlawan No. 28-A, Tanjung Morawa, Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 93 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 26 pernyataan dengan skala likert 4 point, 14 pernyataan untuk disiplin belajar dan 12 pernyataan untuk lingkungan teman sebaya. Angket penellitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 24.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 21,963 + 0,669X_1 + 0,803X_2 berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien disiplin belajar (b1) adalah bernilai positif mengandung arti bahwa apabila disiplin belajar (X1) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi keuangan siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Sedangkan nilai koefisien lingkungan teman sebaya (b2) juga bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila lingkungan teman sebaya (X2) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi keuangan siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 5,816 > 1,986 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Lingkungan teman sebaya juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 8,059 > 1,986 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan dengan nilai Fhitung sebesar 79,748 > 3,10 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 63,9%, sedangkan 36,1% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 AKT 124 |
Keywords: | Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 14:33 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40486 |