REJEKI, RAYSA (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7162141015 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 7162141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. NIM. 7162141015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4. NIM. 7162141015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM. 7162141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
6. NIM. 7162141015 TABLES.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7. NIM. 7162141015 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
8. NIM. 7162141015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM. 7162141015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
13. NIM. 7162141015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
14. NIM. 7162141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2019/2020, (2) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2019/2020, (3) Pengaruh Efikasi Diri Dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Medan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 97 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket dan dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data efikasi diri dan pergaulan teman sebaya, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar. Uji coba instrument dilakukan pada 30 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Medan tahun ajaran 2019/2020. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda dengan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu : 4,583 > 1,661 pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu : 4,970 > 1,661 pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri dan Pergaulan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel yaitu : 26,439 > 3,09 pada taraf signifikansi 5% dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,360 yang artinya sebesar 36% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 EKO 077 |
Keywords: | PRESTASI BELAJAR; EFIKASI DIRI; PERGAULAN TEMAN SEBAYA |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 14:32 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40474 |