Pardosi, Arta Wisuda Wati (2020) Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Efikasi Diri dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Bewirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7163141006 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
NIM 7163141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
NIM 7163141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM 7163141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM 7163141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
NIM 7163141006 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM 7163141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
NIM 7163141006 TABELS.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM 7163141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
NIM 7163141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
NIM 7163141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sosial media, efikasi diri dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi di Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi UNIMED yang beralamat di Jl. Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 64 mahasiswa yang diambil dengan teknik pengambilan secara acak berdasarkan proporsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner/angket. Untuk uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menganalisis data, peneliti penggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, persamaan regresi inear berganda. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F serta koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear Y= 18,845 + 0,233 X1 + 0,305 X2 + 0,257 X3. hasil analisis uji t untuk variabel pemanfaatan sosial media (X1) diperoleh nilai thitung>ttabel (2,872>2,00030) dengan signifikansi 0,006<0,05. Maka ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan sosial media terhadap minat berwirausaha. Untuk variabel efikasi diri (X2) diperoleh nilai thitung>ttabel (2.853>2,00030) dengan signifikan 0,006<0,05. Maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel efikasi diri terhadap minat berwirausaaha. Untuk variabel pengetahuan kewirausahaan diperoleh nilai thitung>ttabel (3,313>2,00030) dengan signifikan 0,002<0,05. Maka pengaruh yang positif dan signifikan variabel pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaaha. berdasarkan uji F diperoleh bahwa Fhitung>Ftabel (42.918>2,76) dengan taraf signifikansi 0,000<0,05. Maka disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X1, X2 dan X3 terhadap Y. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,682 yang menjelaskan pengaruh variabel pemanfaatan sosial media, efikasi diri dan pengetahuan kewirausahaan sebesar 68,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ada dalam model regresi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-EKO-078 |
Keywords: | Pemanfaatan Sosial Media; Efikasi Diri; Pengetahuan Kewirausahaan; Minat Berwirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 05:52 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40457 |