Yasmin, Saarah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS CENDEKIA MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153311034 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4153311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. NIM. 4153311034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4153311034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM. 4153311034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 4153311034 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4153311034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4153311034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 4153311034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 4153311034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 4153311034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran penemuan terbimbing di kelas VIII MTs Cendekia Medan tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui tes, angket, dan lembar observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan angket awal. Setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar dan angket kemandirian belajar.
Dari hasil analisis data tes awal dan angket awal kemandirian belajar diperoleh hanya 2 siswa (10%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 36,5 dan 3 siswa (15%) yang mencapai batas minimal persentase angket yaitu 80% atau dalam kategori baik. Hasil analisis data pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran penemuan terbimbing menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 8 siswa (40%) dengan rata-rata nilai 55,15 dan siswa yang mencapai persentase minimal kategori baik yaitu 6 siswa (30%). Hasil analisis data pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran yang sama dan memperbaiki kekurangan dan kelemahan pada tindakan siklus I diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 17 siswa (85%) dengan nilai rata-rata mencapai 75,9 dan siswa yang mencapai persentase minimal kategori baik yaitu 15 siswa (75%). Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa dari siklus I hingga ke siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntuasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing pada pokok bahasan Relasi dan Fungsi dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Cendekia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Beljara; Pembelajaran; Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 08:21 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40453 |