Lestari, Ria (2020) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN PMR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 03 TEBING TINGGI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151111078 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4151111078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM. 4151111078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4. NIM. 4151111078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM. 4151111078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 4151111078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4151111078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
8. NIM. 4151111078 BAB I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
12. NIM. 4151111078 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13. NIM. 4151111078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui peningkatan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan PMR untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa (2) Mengetahui keefektifan LKPD yang dikembangkan dengan pendekatan PMR untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII di SMP negeri 03 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat pembelajaran berupa LKPD melalui model 4-D (Four –D model) yang dikemukakan Thiagarajan dan semmel dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi empat tahapan terdiri dari tahapan pendefinisian (define), tahap rancangan (design), tahap pengembangan (develope) dan tahap penyebaran (dessiminate). Uji coba LKPD dilakukan sebanyak dua kali uji coba dan dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP negeri 03 Tebing Tinggi. Pada uji coba 1, sampel diambil dari kelas VIII -3 sebanyak 28 orang siswa dan setelah diperoleh hasilnya belum efektif, maka dilakukan perbaikan dengan melakukan uji coba 2. Pada ujia coba 2, sampel diambil dari kelas VIII-8 sebanyak 28 orang siswa. Hasil penelitian disimpulkan beberapa hal berikut (1) Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada uji coba ke 2 adalah 2,8 (kategori kreatif). (2) Efektivitas LKPD dengan pendekatan PMR disimpulkan berdasarkan : (a) Ketuntasan klasikal sebesar 78% (b) Waktu yang digunakan dalam pembelajaran lebih efektif atau tidak melebihi pembelajaran biasa. Sehingga disarankan kepada guru terutama guru matematika agar mampu mengembangkan LKPD sendiri sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Berpikir; Matematika; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 07:49 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40449 |