Rahmiyana (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA/MA DI KECAMATAN SIMPANG ULIM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Masters thesis, UNIMED.
1. 809171035 Judul.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. 809171035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (971kB) | Preview
3. 809171035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. 809171035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. 809171035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. 809171035 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7. 809171035 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. 809171035 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
9. 809171035 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 809171035 Bab V.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
11. 809171035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran koopertif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran biasa, 2) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa, dan 3) bagaimana proses jawaban siswa pada masing-masing model pembelajaran. Penelitian berbentuk kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi siswa kelas X SMA/MA se-Kecamatan Simpang Ulim. Sampel dipilih secara random dengan mengacak kelas dengan responden 104 siswa. Instrumen penelitian berbentuk uraian terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis statistik data dilakukan dengan uji ANAVA Dua Jalur dan Maan Withney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti model pembelajaran koopertif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran biasa (langsung). (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran koopertif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran biasa (langsung). (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa. (4) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. (5) Proses jawaban siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model pembelajaran biasa. Dengan demikian yang menjadi saran selanjutnya: (i) Kepada lembaga terkait dapat mensosialisasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, (ii) Kepada guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif, (iii) Kepada peneliti lain dapat melanjutkan penelitian pada pokok bahasan dan kemampuan matematik yang lain dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Rah p |
Keywords: | Matematika; Komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran biasa; Tipe STAD; Kemampuan pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 May 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4044 |