Zubaida, Siti (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ANDROID PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153131033 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4153131033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 4153131033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4153131033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM. 4153131033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 4153131033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
13. NIM. 4153131033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM. 4153131033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan dari Lembar Kerja Siswa (LKS) kimia berbasis Android yang telah dikembangkan berdasarkan BSNP (2) mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA pada materi hidrolisis garam dengan menggunakan LKS berbasis Android lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan LKS konvensional (3) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kimia siswa pada penggunaan LKS berbasis Android yang telah dikembangkan. Tahapan pengembangan LKS terdiri atas tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan tahap implementasi. Hasil skor kelayakan yang diperoleh untuk aspek kebahasaan, aspek rekayasa perangkat lunak, aspek tampilan visual, aspek kelayakan isi, aspek penyajian, aspek kegrafisan berturut-turut adalah 3,78, 3,63, 3,6, 3,75, 3,72 dan 3,91 sedangkan kelayakan LKS berbasis android pada materi hidrolisis garam secara keseluruhan adalah 3,74. Selanjutnya LKS kimia berbasis android pada materi hidrolisis garam digunakan dalam proses pembelajaran dan menghasilkan data yang kemudian dianalisis dengan uji t pihak kanan yang menyatakan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan LKS kimia berbasis android pada materi hidrolisis garam lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan LKS konvemsional atau LKS dari sekolah. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan LKS kimia berbasis android pada materi hidrolisis garam memperoleh rerata peningkatan hasil belajar sebesar 0,7556. Uji korelasi antara motivasi belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa menyatakan adanya hubungan motivasi belajar dengan peningkatan hasil belajar menggunakan LKS kimia berbasis android pada materi hidrolisis garam dengan koefisien korelasi pada kelas yang dibelajarkan dengan LKS kimia berbasis android adalah 0,634 (koefisien korelasi tinggi) dengan keofisien determinasi (r2) sebesar 0,402.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 072 |
Keywords: | Lembar kerja siswa; Android; Hidrolisis garam; Hasil belajar; Motivasi belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 15:46 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 15:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40394 |