PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTERUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DI SMA

Hanifah, Siti (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTERUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4152131015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4152131015 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4152131015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4152131015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4152131015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4152131015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4152131015 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4152131015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4152131015 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4152131015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4152131015 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4152131015 BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4152131015 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4152131015 BAB V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4152131015 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4152131015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis iSpring Presenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 5 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purposif sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring Presenter. Kelas kontrol mendapat pembelajaran dengan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring Presenter. Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang semuanya valid dan reliabel dengan reliabilitas 1,12 dan angket yang diberikan kepada dosen dan guru. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest,postest dan gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi norma danl homogen. Total skor penilaian dari ahli media secara keseluruhan 81% dengan skor maksimal 100%.Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 untuk hasil belajar siswa diperoleh thitung = 5,730sedangkanttabel = 2,72381atau hargathitung >ttabel , maka hipotesisalternatif (Ha) diterima. Begitu pula peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen yaitu 81,127% > hasil belajar siswa di kelas kontrol sebesar 66,212%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 031
Keywords: Media pembelajaran; iSpring Presenter; Hasil belajar; Tata nama senyawa; Power point
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Sep 2020 15:36
Last Modified: 07 Sep 2020 15:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40392

Actions (login required)

View Item
View Item