Anggara, Mhd. Burhan (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LITERASI SAINS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1._NIM._4152131006_COVER.PDF - Published Version
Download (100kB) | Preview
2._NIM._4152131006_APPROVAL_SHEET.PDF - Published Version
Download (156kB) | Preview
3._NIM._4152131006_ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (148kB) | Preview
4._NIM._4152131006_PREFACE.PDF - Published Version
Download (154kB) | Preview
5._NIM._4152131006_TABLE_OF_CONTENT.PDF - Published Version
Download (270kB) | Preview
9._NIM._4152131006_CHAPTER_I.PDF - Published Version
Download (181kB) | Preview
13._NIM._4152131006_CHAPTER_V.PDF - Published Version
Download (150kB) | Preview
14._NIM._4152131006_BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis literasi pada siswa kelas XI SMA Dharmawangsa Medan. Populasi penelitianya itu seluruh siswa kelas XI MIA SMA Dharmawangsa Medan yaitu Sembilan kelas. Masing-masing kelas berjumlahkan 32 hingga 34 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional, yaitu ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (6,0593 > 1.668) maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui hubungan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabel (0,695>0.339) maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains. Kontribusi aktivitas siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 48,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 048 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Literasi sains; Kelarutan; Hasil kali kelarutan; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 08:41 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40362 |