Malau, Lastri Aryani (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK DENGAN MULTIMEDIA PADA MATERI HALOALKANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131022 JUDUL.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM. 4151131022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
3. NIM. 4151131022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM. 4151131022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 4151131022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM. 4151131022 BAB I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM. 4151131022 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 4151131022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi standar BSNP dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia pada materi haloalkana lebih tinggi dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Parulian 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, dimana kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XII IPA 2 sebagai kelas pengulangan. Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis silabus kurikulum 2013, (2) menganalisis buku kimia pada materi haloalkana, (3) Validasi bahan ajar kepada validator ahli yaitu dosen dan guru sesuai standar BSNP, (4) Uji coba bahan ajar yang telah dikembangkan pada sampel penelitian. Data peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dengan instrumen tes objektif sebanyak 20 butir soal yang telah diuji kelayakannya sebagai instrumen tes. Diawal penelitian dilakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan setalah perlakuan penelitian selesai dilakukan tes akhir untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil validasi bahan ajar dengan kriteria standar BSNP dinyatakan layak dan tidak perlu direvisi. Data peningkatan hasil belajar siswa di analisis dengan uji-t satu pihak. Hasil analisis data hasil belajar menunjukkan bahwa thitung (3,674) > ttabel (1,699) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan pada kelas pengulangan thitung (4,042) > ttabel (1,699) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima berarti peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia lebih tinggi dari harga KKM. Persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas XII IPA 1 sebesar 80% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 sebesar 83,33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 058 |
Keywords: | Project based learning; Bahan ajar; Multimedia; Haloalkana; Macromedia flash; Model pembelajaran; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:58 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40358 |