Meilani, Indri (2019) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR HIDROLISIS GARAM TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEINGINTAHUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151131016 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4151131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM 4151131016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 4151131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 4151131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM 4151131016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
13. NIM 4151131016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4151131016 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar hidrolisis garam terintegrasi nilai-nilai islami dan yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar buku kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan Hidrolisis Garam? (2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap sikap islami siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai islami? (3) Apakah ada hubungan yang signifikan antara sikap islami dengan peningkatan hasil belajar siswa? (4) Apakah ada pengaruh keingintahuan siswa terhadap hasil belajar siswa pada model inkuiri terbimbing? (5) Apakah ada perbedaan pengaruh keingintahuan terhadap sikap islami siswa pada model inkuiri terbimbing? (6) Apakah ada interaksi bahan ajar dengan keingintahuan belajar terhadap hasil belajar siswa? Sampel terdiri dari 2 kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar sebanyak 23 butir soal yang valid dan reliable (1,050), serta instrumen angket keingintahuan dan sikap islami siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Paired Sample T-test, Analysis of Varians, dan Correlation, pada program SPSS 20 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu : (1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar hidrolisis garam terintegrasi nilai-nilai islami dan yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar buku kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan Hidrolisis Garam (2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap sikap islami siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai islami (3) adanya hubungan yang signifikan antara sikap islami dengan peningkatan hasil belajar siswa (4) adanya pengaruh keingintahuan siswa terhadap hasil belajar siswa pada model inkuiri terbimbing (5) adanya perbedaan pengaruh keingintahuan terhadap sikap islami siswa pada model inkuiri terbimbing (6) Tidak ada interaksi bahan ajar dengan keingintahuan belajar terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 082 |
Keywords: | Nilai islami; Modul kimia; Inkuiri terbimbing; Hidrolisis garam; Keingintahuan; Larutan garam; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 14:18 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 14:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40353 |