Fitri, Fadhila (2019) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153131013 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 4153131013 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM 4153131013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM 4153131013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM 4153131013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
9. NIM 4153131013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. NIM 4153131013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM 4153131013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengggunaan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Mia SMA Swasta Al Washliyah 3 Medan, sampel yang diambil dua kelas XI SMA Swasta Al Washliyah 3 Medan yaitu kelas XI Mia 1 dan XI Mia 2 yang masing-masing terdiri dari 28 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban, yang telah divalidkan oleh validator dan kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata – rata pretest siswa kelas eksperimen adalah 34,821 dan nilai rata – rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,857. Nilai rata – rata pretest kelas kontrol adalah 33,928 dan nilai rata – rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,777. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t satu pihak (pihak kanan). Dari pengujian hipotesis taraf signifikansi α = 0,05 untuk data gain ternormalisasi diperoleh thitung 4,08 sedangkan ttabel 1,674 sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan M3PK lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model Direct Instruction. Persen peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 85,7% dan pada kelas kontrol sebesar 77,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 113 |
Keywords: | Koloid; Direct instruction; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 16:16 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 16:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40349 |