Br. Meliala, Evy Maria (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Pengetahuan Konseptual dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166176005 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 8166176005 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 8166176005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
4. NIM. 8166176005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
5. NIM. 8166176005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 8166176005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 8166176005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 8166176005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 8166176005 BAB I.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
13. NIM. 8166176005 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 8166176005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap pengetahuan konseptual dan keterampilan proses sains siswa SMA. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Delitua, semester I tahun ajaran 2018/2019. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran scientific inquiry dan kelas XI MIA-2 sebagai kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan two group pretest posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen pengetahuan konseptual dalam bentuk essai sebanyak 10 soal dan instrumen keterampilan proses sains dalam bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa uji hipotesis pertama diperoleh thitung = 2,92 dengan α = 0,05 diperoleh tabel = 1,99. Membandingkan thitung dengan tabel ternyata jika thitung > ttabel berarti pengetahuan konseptual siswa dengan menerapkan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional. Uji hipotesis kedua diperoleh thitung = 3,53 dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,99. Membandingkan thitung dengan tabel ternyata thitung > ttabel, berarti keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Mel p |
Keywords: | Model Pembelajaran Scientific Inquiry; Pengetahuan Konseptual; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 09:27 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40338 |