Br. Sinuraya, Susi Yanti (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PUISI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANCURBATU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166192027 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 8166192027. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM 8166192027. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 8166192027. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM 8166192027.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 8166192027.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 8166192027.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8166192027.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9. NIM 8166192027.BAB I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
13. NIM 8166192027.BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 8166192027.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengembangan bahan ajar teks puisi berbasis pendekatan kontekstual di SMP Negeri 1 Pancurbatu, (2) kelayakan bahan ajar teks puisi berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pancurbatu, (3) keefektifan bahan ajar teks puisi berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pancurbatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Research and Development (R&D)yang dikemukakan oleh Pundjawa, dkk merujuk pada model Borg & Gall. Subjek penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru Bahasa Indonesia, dan siswa pada uji coba perorangan berjumlah 3 siswa, uji coba kelompok kecil berjumlah 9 siswa, uji coba lapangan terbatas berjumlah 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pancurbatu. Hasil validasi ahli materi meliputi komponen kelayakan isi dengan rata-rata 82,29% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh nilai rata-rata 82,5% pada kriteria sangat baik, kelayakan Bahasa diperoleh nilai rata-rata 86,11% pada kriteria sangat baik, dan kelayakan kontekstual diperoleh nilai rata-rata 81,25% pada kriteria sangat baik. Hasil validasi ahli desain meliputi komponen ukuran modul memiliki nilai rata-rata 93,75% dengan kriteria sangat baik, desain sampul modul memiliki nilai rata-rata 82,14% dengan kriteria sangat baik, dan desain isi modul memiliki nilai rata-rata 91,66% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba perorangan diperoleh nilai rata-rata 79,44% pada kriteria baik. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 85,73% pada kriteria sangat baik. Hasil uji coba lapangan terbatas diperoleh nilai rata-rata 92,96% dengan kriteria sangat baik. Keefektifan belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar dengan nilai rata-rata 65,71% berada pada kriteria baik dan keefektifan belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar rata-rata 86,75% pada kriteria sangat baik. Dengan demikian, bahan ajar membaca puisi berbasis pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 811 Sin p |
Keywords: | bahan ajar; teks puisi; pendekatan kontekstual |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 06:21 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40329 |