Simanullang, Epi Kristina (2019) UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN LEVELS of INQUIRY (LoI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152131019 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM. 4152131019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM. 4152131019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 4152131019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 4152131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
9. NIM. 4152131019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
13. NIM. 4152131019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 4152131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran Levels of Inquiry (LoI) pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Swasta YAPIM Taruna Sei Rotan yang tediri dari 27 orang. Instrumen test yang digunakan berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal. Kelas eksprimen diberi pembelajaran Levels of Inquiry (LoI) dan pada pertemuan terakhir dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, dan hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Peningkatan literasi sains siswa dilihat dari signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest peserta didik setelah penerapan levels of inquiry pada materi larutan penyangga menggunakan uji-t: paired two sample for means. Dari perhitungan data hasil belajar diperoleh bahwa literasi sains siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan gain sebesar 0,674 dengan kategori sedang dan nilai P value pada setiap domain lebih kecil < 0,05, yang berarti bahwa, pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 0,05). Untuk menarik kesimpulan maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan 0,05 dan dari uji tersebut diperoleh thitung > ttabel yakni thitung = 36,953 > ttabel = 2,056. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains siswa yang signifikan setelah pembelajaran Levels of Inquiry (LoI) pada materi larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 046 |
Keywords: | Literasi sains; Larutan penyangga; Levels of inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 15:21 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 01:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40320 |