UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN LEVELS of INQUIRY (LoI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Simanullang, Epi Kristina (2019) UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN LEVELS of INQUIRY (LoI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4152131019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4152131019 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4152131019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4152131019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4152131019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4152131019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4152131019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4152131019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4152131019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4152131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4152131019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4152131019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4152131019 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4152131019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4152131019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4152131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran Levels of Inquiry (LoI) pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Swasta YAPIM Taruna Sei Rotan yang tediri dari 27 orang. Instrumen test yang digunakan berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal. Kelas eksprimen diberi pembelajaran Levels of Inquiry (LoI) dan pada pertemuan terakhir dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, dan hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Peningkatan literasi sains siswa dilihat dari signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest peserta didik setelah penerapan levels of inquiry pada materi larutan penyangga menggunakan uji-t: paired two sample for means. Dari perhitungan data hasil belajar diperoleh bahwa literasi sains siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan gain sebesar 0,674 dengan kategori sedang dan nilai P value pada setiap domain lebih kecil < 0,05, yang berarti bahwa, pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 0,05). Untuk menarik kesimpulan maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan 0,05 dan dari uji tersebut diperoleh thitung > ttabel yakni thitung = 36,953 > ttabel = 2,056. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains siswa yang signifikan setelah pembelajaran Levels of Inquiry (LoI) pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 046
Keywords: Literasi sains; Larutan penyangga; Levels of inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Aug 2020 15:21
Last Modified: 19 Aug 2020 01:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40320

Actions (login required)

View Item
View Item