Siahaan, Elizabeth Lilis (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131011 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM. 4151131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3. NIM. 4151131011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 4151131011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 4151131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 4151131011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
13. NIM. 4151131011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
14. NIM. 4151131011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional pada materi hidrolisis garam. 2) mengetahui apakah aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional pada materi hidrolisis garam. 3). Mengetahui apakah ada korelasi positif dan signifikan antara hasil dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL menggunakan Macromedia Flash pada materi hidrolisis garam. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning menggunakan Macromedia Flash. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan uji statistik z (pihak kanan) dan korelasi pada taraf signifikan 5% (α = 0,05). Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1). peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional pada materi hidrolisis garam 2). aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional pada materi hidrolisis garam 3). ada korelasi positif dan signifikan antara hasil dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL menggunakan Macromedia Flash pada materi hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 079 |
Keywords: | Problem based learning; Macromedia flash; Hasil belajar; Aktivitas siswa; Hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 08:09 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40316 |