Ramadhanti, Dian Ayuning (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DILENGKAPI MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153131009 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2 NIM 4153131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3 NIM 4153131009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4 NIM 4153131009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5 NIM 4153131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
10 NIM 4153131009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14 NIM 4153131009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
15 NIM 4153131009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, model pembelajaran dilengkapi media yang efektif pada materi koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Medan. Sampel ditetapkan secara random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, yang keduanya dilengkapi media kartu soal. Masing-masing kelas sampel berjumlah 34 orang. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dari instrumen yang sudah valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,86). Pada kedua kelas dilakukan pre-test sebelum diberi perlakuan dan setelah selesai perlakuan diberi post-test. Berdasarkan hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 35,44 dan post-test sebesar 82,05. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 2 sebesar 33,97 dan post-test sebesar 72,79. Hasil penelitian yang diuji menggunakan Uji-t (Uji Dua Pihak) menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD dilengkapi meda kartu soal, dengan hasil data yang diperoleh : thitung > ttabel yaitu 6,009 > 0,9985, maka Ha diterima (H0 ditolak). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD dilengkapi media kartu soal pada materi koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 103 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Student teams achievement division; Kartu soal; Hasil belajar; Media pembelajaran; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 07:03 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40311 |