Sarumpaet, Michael (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Karakter Terhadap Kterampilan Berfikir Kritis Pada Materi Gelombang Cahaya. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176176010 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM 8176176010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 8176176010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM 8176176010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. NIM 8176176010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM 8176176010 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 8176176010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8. NIM 8176176010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 8176176010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM 8176176010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 8176176010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, apakah keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki karakter kelompok atas lebih baik dari pada keterampilan berfikir kritis siswa yang memiliki karakter kelompok bawah, apakah ada interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan karakter terhadap keterampilan berfikir kritis. Sampel penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing, karakter dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pembelajaran konvensional., Karakter siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari karakter siswa pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 535.172 Sar p |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; karakter; berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 03:31 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40304 |