Simbolon, Serma Ulipa (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Berpikir Aras Tinggi pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri 040460 Berastagi. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182047 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8176182047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
3. NIM. 8176182047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM. 8176182047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM. 8176182047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 8176182047 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8176182047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8176182047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8176182047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
13. NIM. 8176182047 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 8176182047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan aras tinggi dilatarbelakangi pembelajaran tematik yang dilakukan serta penggunaan LKPD hanya mengembangkan dan menguji daya ingat serta menghafal saja. Lembar kerja peserta didik yang digunakan masih sederhana, belum memancing siswa berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan berpikir aras tinggi agar layak digunakan oleh siswa kelas V SD, dan efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall. Dari model pengembangan Borg & Gall dalam penelitian dan pengembangan ini disederhanakan hanya sampai langkah ke-7 saja, yaitu: (1) Studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draf produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Merevisi hasil uji coba, (6) Uji coba lapangan, (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040460 Berastagi. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli dan tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh bahwa LKPD berbasis keterampilan aras tinggi untuk siswa kelas V dengan rata-rata skor validasi sebesar 93% atau berkategori sangat valid; (2) berdasarkan hasil uji coba lapangan telah diperoleh bahwa LKPD berbasis keterampilan berpikir aras tinggi pada konsep organ gerak manusia dan hewan efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada pembelajaran tematik di kelas V. Peningkatan terlihat pada nilai gain yang diperoleh mencapai skor 83 pada uji coba kelompok kecil dan skor 80 pada kelompok besar yang dinyatakan berkategori “Tinggi” . Disarankan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan berbasis aras tinggi ini digunakan oleh guru kelas V SD untuk membantu meningkatkan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran tematik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik; Keterampilan Berpikir Aras Tinggi; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 02:31 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40256 |