Ritonga, Atikah Rahmah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151131004 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2. NIM 4151131004 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM 4151131004 ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. NIM 4151131004 PREFACE. pdf.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM 4151131004 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
9. NIM 4151131004 CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 4151131004 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM 4151131004 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa berbasis praktikum. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 MAN 2 Deli Serdang. Analisis data menggunakan (1) Hasil belajar siswa dengan penerapan model Inkuiri Terbimbing berbasis praktikum pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai rata-rata 83,16 sedangkan pada kelas kontrol 80,00. (2) Model Inkuiri Terbimbing berbasis praktikum berpengaruh terhadap aktivitas siswa dengan rata-rata nilai aktivitas pada kelas eksperimen adalah 82,31 sedangkan pada kelas kontrol 76,94. (3) Uji t diperoleh ttabel 1,67 sedangkan berdasarkan perhitungan di peroleh harga thitung 1,92. Karena harga thitung > ttabel (1,92 > 1,67), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh Hasil belajar siswa dan Aktivitas Belajar siswa dalam materi Koloid yang dibelajarkan menggunakan Model Inkuiri Terbimbing berbasis Praktikum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 098 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Praktikum; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Koloid; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 05:29 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 05:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40238 |