Marpaung, Ade Febria (2019) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153131001 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 4153131001 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM 4153131001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. NIM 4153131001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
5. NIM 4153131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
9. NIM 4153131001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13. NIM 4153131001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM 4153131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan stoikiometri. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari lima kelas yang masing-masing terdiri dari 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X/1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran M3PK dan kelas X/4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda yang telah divalidasi sebanyak 20 soal dan telah reliabel. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan uji Chi Kuadrat dan homogenitas data dengan menggunakan uji F. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil belajar post-test siswa untuk kelas eksperimen adalah =86,29 dan S1=24,775 sedangkan kelas kontrol adalah =79,86 dan S1=14,980. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk rerata gain ternormalisasi dan didapatkan persen peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 77,5% sedangkan persen peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 59,0%. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji z yaitu uji satu pihak (pihak kanan) terhadap rerata post-test ternormalisasi kedua kelompok, zhitung=25,24 sedangkan ztabel=1,75 pada taraf signifikansi (α=0,05) sehingga zhitung>ztabel, maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan M3PK lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan M3PK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 114 |
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Direct instruction; Stoikiometri; Persamaan reaksi; Konsep mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 14:43 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40234 |