PEMBELAJARAN LAJU REAKSI TERINTEGRASI SPIRITUAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DIRECT INTERACTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

KHAIRANI, SITI (2020) PEMBELAJARAN LAJU REAKSI TERINTEGRASI SPIRITUAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DIRECT INTERACTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4162131012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4162131012 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4162131012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4162131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (995kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4162131012 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4162131012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4162131012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4162131012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4162131012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4162131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4162131012 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4162131012 TABLE.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4162131012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4162131012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4162131012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4162131012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4162131012 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4162131012 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4162131012 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4162131012 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4162131012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4162131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) seberapa besar model pembelajaran problem based learning dan direct interaction dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) sikap spiritual siswa setelah diajarkan dengan model problem based learning dan direct interaction, (3) korelasi antara hasil belajar siswa dengan sikap spiritual siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan
direct interaction. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Budi Satrya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara total sampling sebanyak 2 kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar terinregarasi nilainilai spiritual dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan bahan ajar terintegrasi spiritual dengan menggunakan model pembelajaran direct interaction. Instrumen yang digunakan dalam instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,828 dan angket sikap spiritual siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan ujiPaired sample T-test dan Correlation pada program IBM SPSS22.0 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran problem based learning yaitu 0,019 dan direct interaction yaitu 0,145 dapat meningkatkan hasil belajar siswaa, (2) sikap spiritual siswa yang diajarkan
dengan model pembelajaran problem based learning 82,7 lebih tinggi dibandingkan dengan direct interaction 81,8, (3) terdapat korelasi yang signifikan antara hasil belajar siswa dan sikap spiritual siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning yaitu 0,954 dan direct interaction yaitu 0,582.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 KIM 080
Keywords: nilai-nilai spiritual, problem based learning, direct interaction, hasil belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:29
Last Modified: 02 Nov 2020 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40180

Actions (login required)

View Item
View Item