WULANDARI, FEBIANA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ASESMEN KINERJA INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176142010 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8176142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
3. NIM. 8176142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8176142010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 8176142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM. 8176142010TABLE.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM. 8176142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 8176142010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 8176142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM. 8176142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 8176142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar untuk mata kuliah evaluasi dan penilaian hasil belajar pada materi asesmen kinerja sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) di program studi Pendidikan Kimia, mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar inovatif berbasis multimedia dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan buku pegangan mahasiswa pada materi asesmen kinerja di Universitas Negeri Medan serta melihat respon mahasiswa terhadap bahan asesmen kinerja inovatif berbasis multimedia. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan model Borg dan Gall. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kimia yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing sebanyak 24 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar uji kelayakan bahan ajar berdasarkan SNPT, tes hasil belajar mahasiswa yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 22.0 for windows dsn angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi bahan ajar asesmen kinerja inovatif berbasis multimedia menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,75 artinya valid dan tidak perlu revisi; (2) Data hasil belajar dianalisis dengan uji t pihak kanan dengan menggunakan teknik Independent Sample T-test diperoleh bahwa signifikansi < α (0,02 < 0,05) artinya Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan bahan ajar asesmen kinerja inovatif berbasis multimedia dengan mahasiswa yang menggunakan bahan ajar yang ada di Universitas; (3) Respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan diperoleh persentase sebesar 90,10 % dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.072 Wul p |
Keywords: | asesmen kinerja; inovasi bahan ajar; penelitian dan pengembangan; multimedia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:22 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40020 |