Sari, Wilda (2019) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BIOLOGI ASPEK KONTEN DAN KOMPETENSI SAINS SISWA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI MAN 1 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141078 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM. 4141141078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
3. NIM. 4141141078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM. 4141141078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5. NIM. 4141141078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM. 4141141078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13. NIM. 4141141078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
14. NIM. 4141141078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi biologi siswa pada materi sistem reproduksi manusia dari aspek konten dan kompetensi sains di kelas XI MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA MAN 1 Medan yang berjumlah 375 orang. Sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu 3 kelas dengan jumlah siswa 117 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes literasi Biologi aspek konten yang berjumlah 6 soal dan tes literasi Biologi aspek kompetensi sains yang berjumlah 9 soal yang masing-masing berupa tes Essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi biologi aspek konten siswa kelas XI pada materi sistem reproduksi manusia di MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 pada kemampuan C1 mengenai pengetahuan terhadap bentuk struktur reproduksi manusia, rata-rata jawaban siswa tertinggi terletak pada skala nominal yaitu dengan perolehan rata-rata sebesar 2, pada kemampuan C2 mengenai pemahaman menjelaskan hormon sistem reproduksi manusia, rata-rata jawaban siswa sebesar 2 tergolong kategori nominal, kemampuan C3 mengenai menjelaskan proses menstruasi, kehamilan, kelahiran dalam kehidupan sehari-hari, rata-rata jawaban siswa sebesar 2 tergolong kategori nominal. Kemampuan C4 mengenai menerapkan pemahaman tentang prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM melalui pemberian ASI ekslusif, rata-rata jawaban siswa sebesar 2 tergolong kategori nominal. Kemampuan C5 mengenai memecahkan masalah kepadatan penduduk dengan menerapkan prinsip reproduksi manusia, rata-rata jawaban siswa sebesar 1 tergolong dalam kategori illiteracy. Kemampuan C6 mengenai menjelaskan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi manusia, rata-rata jawaban siswa sebesar 1 tergolong dalam kategori illiteracy. Kemampuan literasi Biologi aspek kompetensi sains siswa kelas XI pada materi sistem reproduksi manusia di MA Negeri 1 Medan pada indikator mengidentifikasi isu ilmiah persentase jawaban siswa pada skala functional yaitu 31,02%. Pada skala nominal diperoleh persentase jawaban siswa sebesar 40,50% dan pada skala illiteracy jawaban siswa sebesar 11,04%. Indikator kedua yaitu menjelaskan fenomena ilmiah, persentase jawaban siswa pada skala functional adalah sebesar 50,70%, pada skala nominal persentase jawaban siswa adalah sebesar 20,30%, dan pada skala illiteracy pesentase jawaban siswa sebesar 14,01%. Indikator ketiga menggunakan bukti ilmiah, perolehan persentase jawaban siswa didapat pada skala functional adalah sebesar 10,30%, pada skala nominal jawaban siswa diperoleh sebesar 40,02%, pada skala illiteracy persentase jawaban siswa sebesar 25,78%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 185 |
Keywords: | Literasi sains; Kompetensi sains; Sistem reproduksi; Kesehatan; Alat reproduksi; Menstruasi; Kontrasepsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 07:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39997 |