Rahayu, Tri (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SAINTIFIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X IPA SEMESTER II MAN 2 MODEL MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4151141059 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM.4151141059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM.4151141059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM.4151141059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM.4151141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9. NIM.4151141059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. NIM.4151141059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM.4151141059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran Saintifik pada materi Perubahan Lingkungan di Kelas X IPA Semester II MAN 2 Model Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA MAN Model Medan T.A 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya sebanyak 342 orang siswa. Sampel penelitian diambil secara acak (random sampling) sebanyak 2 kelas yaitu X IPA 6 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajran Problem Based Learning (PBL) berjumlah 38 orang siswa dan kelas X IPA 1 sebagai kelas Saintifik berjumlah 38 orang siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 30 butir soal. Dari hasil uji persyaratan analisis data, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunsksn model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah 81,75, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran saintifik adalah 75,26. Hasil penelitian berdasarkan lembar kerja peserta didik (LKPD) pertemuan I dan pertemuan II dari kedua kelas diperoleh rata-rata lembar kerja peserta didik (LKPD) pertemuan I pada kelas Problem Based Learning (PBL) sebesar 86,00 dan pada kelas Saintifik sebesar 73,00, sedangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) pertemuan II pada kelas Problem Based Learning (PBL) sebesar 84,00 dan pada kelas Saintifik sebesar 72,00. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t sampel mandiri pada α = 0,05 dengan th sebesar 2,677; tt sebesar 1,99254; dan db 74 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran saintifik pada materi Perubahan Lingkungan di kelas X IPA Semester II MAN 2 Model Medan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 158 |
Keywords: | Problem based learning; Pembelajaran saintifik; Perubahan lingkungan; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 04:35 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39994 |