ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Maulida, Putri Gita (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151141042 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151141042 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151141042 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151141042 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM. 4151141042 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151141042 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151141042 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151141042 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151141042 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151141042 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151141042 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151141042 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151141042 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151141042 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 4151141042 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 4151141042 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif dan sikap ilmiah siswa kelas XI MIPA pada materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas, sedangkan sampelnya sebanyak 72 siswa yang diambil dari keseluruhan siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal tes uraian dan angket sikap ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil analisis data yang diperoleh pada kemapuan kognitif siswa yang paling tinggi adalah pada indikator mengingat (C1) dengan nilai rata-rata 82,41 (sangat baik), pada indikator memahami (C2) dengan nilai rata-rata 46,88 (baik), pada indikator mengaplikasikan (C3) dengan nilai rata-rata 43,85 (baik), pada indikator menganalisis (C4) dengan nilai rata-rata 41,32 (cukup baik), pada indikator mencipta (C6) dengan nilai rata-rata 30,56 (cukup baik), dan kategori kemapuan kognitif siswa yang paling rendah adalah pada indikator mengevaluasi (C5) dengan nilai rata-rata 29,51 (cukup baik). Pada angket sikap ilmiah siswa yang paling tinggi adalah pada indikator sikap ingin tahu dengan nilai rata-rata 88,00, sikap berpikir kritis dengan nilai rata-rata 84,00 sikap berpikiran terbuka dan kerjasama dengan nilai rata-rata 83,00 dan sikap peka terhadap lingkungan sekitar dengan nilai rata-rata 88,00 yang termasuk indikator sangat baik, sedangkan kategori sikap ilmiah siswa yang paling rendah adalah pada indikator sikap respek terhadap data/fakta dengan nilai rata-rata 76,00, sikap penemuan dan kreativitas dengan nilai rata-rata 77,00 dan sikap ketekunan dengan nilai rata-rata 77,00 yang termasuk pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 105
Keywords: Kemampuan kognitif; Sikap ilmiah; Sistem ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:51
Last Modified: 30 Jul 2020 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39986

Actions (login required)

View Item
View Item