Pasaribu, Putri Amelia Pertiwi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMAN 6 BINJAI TP 2018-2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151141041 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4151141041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 4151141041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 4151141041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 4151141041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM. 4151141041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. NIM. 4151141041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM. 4151141041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan kelas X MIA SMAN 6 Binjai TP 2018-2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas X MIA, Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak (Random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan problem based learning. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 29 orang, sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 62 orang. Rata–rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,43 dan kelas kontrol 75,69. Uji hipotesis menunjukkan bahwa perhitungan thitung ≥ ttabel (3,404 ≥ 1,999) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka, disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Untuk perhitungan aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata nilai aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen (89) lebih tinggi dibanding niali rata-rata kelas kontrol (65,4). Uji hipotesis menunjukkan thitung ≥ ttabel (3,48 ≥ 1,99), maka dinyatakan H1 ditolak dan H2 diterima. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa. Maka dari itu, dapat dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA SMAN 6 Binjai TP 2018-2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 115 |
Keywords: | Project based learning; Pencemaran lingkungan; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 07:20 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39980 |