Tampubolon, Novia Stephani (2019) ANALISIS BUTIR SOAL MULTIPLE CHOICE PADA UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP KELAS XI MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153141038 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4153141038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3. NIM. 4153141038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 4153141038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM. 4153141038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 4153141038 BAB I.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
13. NIM. 4153141038 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 4153141038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian tengah semester genap mata pelajaran Biologi kelas XI SMA N 1 Pematangsiantar tahun pembelajaran 2018/2019. Kualitas butir soal dianalisis dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas isi, serta persebaran tipe soal berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitataif dan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah soal (20 butir) dan seluruh lembar jawaban UTS seluruh siswa kelas XI IPA tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 1 Pematangsiantar, dengan teknik total sampling. Jumlah kelas XI IPA dalam sekolah ini terdiri dari 7 kelas, dan jumlah seluruh siswa adalah 244 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa soal memiliki tingkat kesukaran soal yang tergolong baik, sebanyak 8 soal (40%). Soal-soal UTS yang diselidiki ini juga memiliki daya pembeda soal yang baik (11 soal = 55%). Namun, soal-soal ini memiliki persentase pengecoh yang kurang efektif, sebanyak 50 dari 80 opsi (67,5%). Berdasarkan ketiga kriteria tersebut, disimpulkan bahwa terdapat 3 butir soal yang berkualitas baik (15%), 6 butir soal yang cukup baik (30%), dan 11 butir soal yang tidak baik (55%). Dari segi validitas isi, soal tergolong sangat baik. Berdasarkan persebaran ranah kognitif Taksonomi Bloom, soal tergolong LOTS (Lower Order Thinking Skill) karena didominasi oleh soal C1-C3 (55%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 149 |
Keywords: | Analisis butir soal; Multiple choice; Evaluasi; Sistem pencernaan; Hasil belajar; Ujian tengah semester |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 07:58 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39974 |