IJJATI, KHILDA HASNI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BINJAI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163331014 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM 4163331014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
3. NIM 4163331014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM 4163331014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. NIM 4163331014 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM 4163331014 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 4163331014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4163331014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
9. NIM 4163331014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM 4163331014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM 4163331014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis video animasi stop motion pada hasil belajar siswa dalam materi koloid kelas XI dan mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi stopmotion lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional pada materi koloid untuk siswa kelas XI. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI di Kota Binjai Sumatera Utara. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI MIA 2 menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi stop motion sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang telah diuji cobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (4,131 > 2,0021) maka Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran kimia berbasis video animasi stop motion yang digunakan dalam penelitian ini telah memenuhi syarat kelayakan dimana kelayakan Media Pembelajaran berbasis berbasis video animasi stop motion pada materi koloid kelas XI dari analisis media diperoleh persentase keidealan sebesar 96% dan materi diperoleh persentase keidealan sebesar 95%. Selanjutnya diperoleh hasil belajar siswa dengan menggunakan media Pembelajaran kimia berbasis video animasi stop motion lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi koloid untuk siswa kelas XI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 077 |
Keywords: | Hasil belajar; animasi stop motion; koloid |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:38 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 00:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39938 |